KOMENTAR

Rabu, 30 April 2014

Vihara Ratanavana Arama

Wisata Religi diatas Pegunungan Kajar
Vihara Ratanavana Arama Lasem-Rembang
Vihara Ratanavana Arama Lasem-Rembang
Berita Rembang, Lasem–Vihara ini terletak di Desa Sendangcoyo Kecamatan Lasem; kurang lebih lima kilometer ke arah Wisata Alam Kajar; berada di daerah perbukitan (sekitar 120 m di atas permukaan air laut). Di lokasi ini terdapat banyak sekali fasilitas sarana dan prasarana peribadatan dengan ornamen-ornamen yang unik dan menarik, dengan pemandangan lepas laut, pegunungan, dan hamparan sawah/ tegalan/ perkebunan yang luas.


pemandangan pegunungan yang indah dilihat dari vihara
pemandangan pegunungan yang indah dilihat dari vihara
Di perbukitan paling atas ada area makam Bhiksu/Bante I (pendiri/pengelola vihara), yang meninggal dunia pada tahun 2000. Di lokasi makam didirikan candi (menyerupai Candi Borobudur) seluas kurang lebih 500 M2dengan empat pintu dari arah Barat, Timur, Selatan, dan Utara.
salah satu tulisan pada dinding vihara
salah satu tulisan pada dinding vihara
Obyek dan Daya Tarik
Obyek utama pada obyek wisata budaya ini adalah Vihara Ratanavana Arama itu sendiri. Daya tarik yang paling kuat dimiliki oleh obyek wisata adalah latar belakang sejarah, budaya, serta aspek keagamaan yang dimiliki oleh Vihara Ratanavana Arama. Bangunan utama di Vihara Ratanavana Arama ialah berupa candi yang merupakan makam Bhante Sudhammo Mahathera, ialah point interest dari obyek wisata religi ini.
salah satu bangunan pada vihara
salah satu bangunan pada vihara
Atraksi dan Produk Khas
Atraksi yang ada yaitu setiap terdapat event-event keagamaan tertentu diadakan perayaan yang dimeriahkan dengan atraksi keagamaan seperti doa bersama, juga pertunjukan kesenian daerah Kabupaten Rembang.
Sarana Prasarana
Sarana yang terdapat di Vihara Ratanavana Arama berupa area sembahyang, area parkir, kamar mandi, ruang informasi. Fasilitas yang ada disekitar yaitu sudah tersedianya jaringan listrik, telepon, air bersih serta sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar