KOMENTAR

Rabu, 15 Mei 2013

A Portrait of Cu An Kiong – Lasem

Kelenteng Cu An Kiong Lasem
Mini Tiongkok adalah sebutan lain bagi Kecamatan Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Disini terdapat banyak bangunan peninggalan kaum Tionghoa dari masa ke masa. Salah satunya adalah Kelenteng Cu An Kiong yang terletak di Jalan Dasun, tak jauh dari jalan raya Daendels. Lokasinya juga berdekatan dengan Lawang Ombo / Omah Candu. Konon kelenteng ini merupakan kelenteng tertua di Lasem.
Interior yang sangat ethnic & indah membuat saya hanya bisa terbengong-bengong ketika berkunjung kesini beberapa waktu lalu. Mulai dari gerbang utama, patung-patung, ornamen, lukisan dinding, lantai keramik, sampai pernak-perniknya semua adalah maha karya. Ditambah dengan aroma hio / dupa persembahan untuk para dewa yang semerbak memenuhi ruangan semakin membius saya dan teman².
Kalau mau main ke Lasem, harus menyempatkan diri “sowan” kesini. Sempatkan juga ngobrol dengan pengurus kelenteng Cu An Kiong, karena dari mereka akan mengalir cerita² seru mengenai sejarah & filosofi bangunan ini. Meski postingan ini singkat, semoga bisa menjadi inspirasi liburan kamu. Cerita lebih lengkap tentang Lasem insyaallah akan diposting kalau para auditor ini sudah hengkang dari kantorku. Maklum, buruh… #eh #keceplosan | (endingnya curcol yee) hahaha
Happy Traveling !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar